Kamis, 19 Juni 2014

Pantai Kuta (Lombok Tengah)

Pantai kuta ini juga sering disebut dengan pantai mandalika.  Pantai kuta terletak di kabupaten lombok tengah, nusa tenggara barat. Untuk mencapai pantai kuta lombok para wisatawan dapat memulai perjalanan dari terminal mandlika yang terletak di bertais kemudian menuju ke praya yang terletak di lombok tengah dan dilanjutkan menuju ke kuta. Sesampainya di pantai kuta, pengunjung dapat melihat pemandangan birunya air laut dan hamparan pasir yang terbentang luas, ditambah lagi dengan keindahan bukit-bukit yang terdapat disekitar pantai semakin menambah keindahan pantai kuta.
Hal yang menjadikan ciri khas dari pantai ini adalah pasirnya yang berbentuk menyerupai butiran merica dimana jenis pasir seperti ini tidak dapat dijumpai di tempat lain. Menurut penduduk sekitar, pasir tersebut merupakan sarang dari cacing laut yang biasa disebut nyale-nyale. Cacing tersebut membuat sarang dengan cara melubangi karang berwarna putih yang banyak ditemukan di pantai kuta.
Hasil dari galian cacing nyale-nyale tersebut kemudian terbawa ombak sampai ke daratan hingga menjadi pasir. Di pantai tersebut juga sering diadakan peringatan bau nyale, yaitu peringatan untuk menanti kembalinya putri mandalika. Putri mandalika sendiri merupakan salah satu mitos yang terdapat di pantai kuta. Menurut masyarakat putri mandalika adalah seorang putri yang sangat cantik dengan rambut yang panjang sehingga banyak laki-laki yang mendekati dan ingin melamarnya.
Karena bingung menentukan pilihan, akhirnya puti mandalika memutuskan untuk terjun ke dalam laut. Namun sebelum putri mandalika pergi, beliau sempat berjanji akan kembali satu kali dalam setahun. Untuk itulah masyarakat mengadakan upacara  bau nyale. Selain itu, masyarakat juga percaya bahwa cacing nyale-nyale merupakan penjelmaan dari rambut putri mandalika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar